11.3.13

Ancol Taman Impian Sebagai Pusat Rekreasi dan Edukasi


Dewasa ini, Ancol Taman Impian merupakan pusat rekreasi yang banyak dikunjungi masayarakat. Mulai dari Dufan, Seaworld, Ocean Dream Samudra, Atlantis dan lain-lain. Tidak dipungkiri juga, banyak sekolah-sekolah mulai dari TK, SD, SMP dan SMA yang mengadakan study tour di Ancol Taman Impian. Banyak pembahasan yang dapat dipelajari lebih lanjut di Ancol Taman Impian karena unit rekreasinya dikelompokkan. Misalnya jika ingin mempelajari tentang Gerak Melingkar (bagi siswa-siswi SMA), Anda dapat langsung menuju ke Dunia Fantasi dan menganalisanya lewat sarana permainan yang ada. Kali ini, penulis akan membahas lebih rinci tentang Ancol Taman Impian sebagai sarana edukasi per-unit rekreasinya.

Seaworld merupakan salah satu sarana rekreasi yang paling diminati oleh para pengunjung Ancol Taman Impian. Seaworld dapat dijadikan sumber pembelajaran Biologi oleh pelajar. Pelajar dapat mengetahui spesies biota laut yang beragam dan mengamati kehidupannya. Pelajar juga dapat menganalisa anatomi ikan, cara ikan berkembang biak, dan manfaat biota laut bagi kehidupan sehari-hari. Dengan visualisasi yang nyata, ilmu-ilmu yang akan dipelajari akan lebih mudah untuk dipahami. Pelajar juga dapat melihat lingkungan hidup ikan di air laut dan air tawar dan mengklasifikasikannya. Selain ikan, biota laut yang lain tidak kalah penting. Itu semua dapat Anda lihat di Seaworld, seperti terumbu karang dan rumput laut. Seaworld dapat menjadi sarana edukasi yang menarik untuk dikunjungi bagi masyarakat khususnya pelajar.

Jika Anda mengunjungi Ancol Taman Impian, tak lengkap rasanya bila tidak mengunjungi Dufan (Dunia Fantasi). Anda dapat mempelajari banyak hal di Dufan, khususnya Fisika. Dengan dibukanya Fidufa (Fisika Dunia Fantasi) pelajar dapat memahami fisika dengan mudah dan jelas. Selain itu, anda juga dapat mengamati gaya-gaya yang bekerja pada wahana-wahana di dufan. Misalnya untuk wahana Halilintar (roller coaster), anda dapat menghitung Percepatan Sentripetalnya. Anda juga dapat menghitung frekuensi dan periode dari Bianglala. Bukan hanya fisika, di Dufan Anda juga dapat melakukan riset. Misalnya berapa persen pengunjung yang memiliki tingkat adrenalin rendah dan berapa pengunjung yang datang ke Dufan setiap jamnya pada hari libur maupun hari biasa. Banyak hal yang dapat dilakukan di Dufan selain rekreasinya. Maka dari itu, Dufan merupakan sarana rekreasi yang sangat mendukung perkembangan edukasi bagi pelajar.

1 komentar:

Nafila Wajdi mengatakan...

Ada apa bu sampe ngepost tentang ancol